Selamat datang di blog dunia usaha Rembang,FORBIZ REMBANG,dimana kamu bisa mendapatkan berbagai informasi tentang dunia usaha dan bersama - sama meningkatkan daya saing UMKM Rembang.
Di Era digital ini berjualan online bisa dikatakan jenis bisnis yang paling banyak digeluti oleh masyarakat,terbukti dengan lahirnya ribuan toko online baik itu dengan bantuan E-Commerce seperti Bukalapak,Tokopedia,Shopee,Lazada,Facebook Marketplace,maupun melalui sosmed dan membuka website jual beli sendiri.
Prospek jualan online memang sangat menggiurkan,dengan modal minimal,atau bahkan tanpa modal kita sudah bisa mulai menjalankan bisnis ini.
Namun harus disadari,besarnya peluang ini juga otomatis membuat persaingan juga tidak mudah,karena ada ribuan pesaing.
Lantas bagaimana agar bisnis kita bisa bersaing dengan toko yang populer dan bermodal besar?
Tip berikut ini bisa kamu terapkan :
1. Branding
Hal penting ini sering dilupakan oleh penjual pemula,branding ini tidak hanya soal merk barang yang kita jual,yang paling utama adalah brand lapak kita sendiri.
Ibarat kita jualan secara offline dengan berkeliling dan menawarkan produk dengan berbagai teknik luar biasa dan menjelaskan betapa sempurnanya produk yang kita jual tanpa mengetahui nama atau dari perusahaan apa kita ini,itu tidak akan berpengaruh banyak terhadap bisnis kita.
Bisa saja keesokan harinya datang seller lain dengan produk dan cara pemasaran yang sama.
Bahkan saat kita membuka toko online di situs E-Commerce seperti Bukalapak,Tokopedia,Shopee,ataupun yang lainnya,hal pertama yang harus diisi adalah nama toko.
2. Kenali nilai unik produk
Ini dibutuhkan agar kita bisa memberi nilai tambah pada produk yang kita jual agar bisa bersaing dengan produk sejenis.
Contok sederhanaya donat diatas,sama-sama bolong,tapi donat mana yang bisa dijual lebih mahal?,atau katakanlah harganya sama,donat mana yang kemungkinan diserbu pembeli?
3. Pelajari data penjualan
Hal ini diperlukan untuk menilai produktifitas bisnis agar bisa mengambil keputusan yang cepat dan tepat dalam berbagai kondisi dan menentukan strategi berikutnya.
Percayalah,berbagai bisnis kecil yang kemudian menjadi besar tidak mungkin ada tanpa tanpa hal mendasar ini,berbagai aplikasi sudah tersedia untuk menangani hal ini dengan mudah.
Dengan data ini kita bisa menentukan produk dan area pemasaran yang paling efektif.
4. Aktifkan Sosial Media
Sosial media merupakan sarana promosi yang paling efektif,jutaan orang bisa dijangkau dengan mudah tanpa harus mendatangi satu per satu.
Berbagai merk terkemuka pasti mempunyai akun resmi diberbagai sosial media,yang membedakan mereka dengan pemula adalah mereka lebih mengedepankan merk baru kemudian produk.
5. Optimalkan word of mouth
Pemasaran dari mulut ke mulut dalah sistem promosi tradisional yang masih efektif hingga hari ini,dan hal ini masih berhubungan dengan poin pertama.
6. Beriklan di chanel media sosial
Hal ini memang memerlukan biaya lebih,tapi ini jauh lebih murah dibandingkan beriklan di media televisi.
7. Tarik pelanggan dengan promo
Promo disini bukan praktek promo yang diterapkan dengan memajang harga yang sudah dikatrol lalu diberi embel - embel promo dengan harga asli,tapi benar - benar promo.
Kita harus belajar dari pemain besar yang menerapkan praktek ini,bukannya menarik pelanggan tapi malah membuat pelanggan jengkel dan menjauh setelah mengetahui kebenarannya.
Ingatlah,buyer sekarang pintar,mereka akan selalu membandingkan dengan harga “ toko sebelah “.
8. Pikat pelanggan dengan foto dan deskripsi produk yang menarik
Perusahaan besar seperti KFC akan mempekerjakan profesional hanya untuk mendesain gambar untuk promosi produknya,karena mereka tahu ini adalah hal yang sangat penting disamping kualitas makanannya itu sendiri.
Lalu apa kita harus menggunakan jasa profesional juga?
Tidak juga,kita bisa membuatnya sendiri dengan berbagai aplikasi gratis yang tersedia.
Contoh diatas bukan untuk mendiskreditkan pihak tertentu,hal ini karena sebagian besar tidak memahami poin kedua,mereka takut harga asli terbongkar atau ada pesaing yang menawarkan harga lebih rendah.
Delapan dari Sepuluh orang akan menskip produk dengan harga Inbox dan baru akan kembali dan menanyakan harga lewat inbox jika tidak ada produk sejenis lainnya.
Itulah beberapa tips julan online yang bisa kita terapkan dalan menjalankan usaha kita,silahkan digunakan jika dianggap bermanfaat dan abaikan jika itu tidak sesuai dengan prinsip kita.
0 Comments